Sejarah Ikan Koi

Sejarah Ikan Koi No ratings yet.

Posted on

Sejarah Ikan Koi

Asal Usul Dan Sejarah Ikan koi atau dalam kata lain sering disebut Nishikigoi berasal dari Nigaata, salah satu prefektur di Jepang. Istilah nishigkigoi sendiri sudah ada sejak 200 tahun yang lalu. Ikan koi ini diproduksi oleh petani yang membudidayakan ikan mas hitam sebagai sumber makanan untuk bertahan hidup dalam kondisi cuaca musim dingin yang parah. Hasil yang lahir dari ikan mas tersebut adalah ikan mas yang memiliki warna cerah dengan corak yang berbeda dengan sosok yang mengagumkan yang menonjol dari ikan-ikan yang lainnya. Seiring waktu banyak yang mengapresiasi hasil dari anakan ikan mas ini atau yang sekarang disebut ikan koi seperti sebuah karya seni yang indah.

Koi

Kata koi sendiri adalah homofon dalam bahasa Jepang kata ini memiliki arti cinta atau kasih sayang. Maka dari itu, Koi menjadi salah satu simbol cinta dan persahabatan di Jepang. Pada periode Heian (794-1185) ikan koi sudah populer dan dipelihara oleh para bangsawan di Jepang. Para bangsawan memikmati keseharian mereka dengan memberi makan ikan koi peliharaan dengan ‘fu’. Fu ini adalah sumber makanan yang berharga dan masih di konsumsi orang-orang sampai sekarang. Ikan-ikan koi akan dengan tenang muncul ke permukaan saat mereka menaburkan fu, ikan-ikan koi tersebut tidak pernah berebut dalam keserakahan. Hal inilah yang membedakan ikan koi dari ikan-ikan lainya dan membuat nya dipandang mempesona dan berwibawa.

Siapa yang tidak mengenal ikan koi? Ikan cantik yang berasal dari Jepang ini sering dijadikan ikan hias yang dipelihara di akuarium ataupun kolam. Ikan koi mempunyai bentuk, pola dan warna cerah yang sangat unik. Selain itu bagi beberapa orang dianggap sebagai ikan yang membawa hoki atau keberuntungan.

READ  Mopindah Jasa Pindahan Rumah Kost Kantor Apartemen Benda Baru, Pamulang

Dibalik keindahan aneka warna ikan koi, ternyata ikan ini menyimpan banyak cerita, termasuk fakta jika sebenarnya ikan ini awalnya hanya terdiri atas satu varian warna. Variasi warna beragam yang kita kenal saat ini merupakan hasil serangkaian proses panjang.

Ikan Koi Indonesia

Sejarah awal tersebarnya  ikan koi di Indonesia dimulai ketika Pangeran Akihito dan Putri Michoko mengadakan kunjungan ke Indonesia pada tahun 1962. Akihito membawa ikan koi sebagai cindramata untuk presiden Soeharto saat itu. Kunjungan tersebut kemudian berlanjut ke Bogor untuk melihat secara langsung ikan mas Indonesia yang termasuk dalam ras Kumpay.

Ikan mas tersebut ternyata mempunyai nama spesies yang sama dengan ikan karper Jepang. Akhirnya sang pangeran berinisiatif untuk mengawinkan kedua jenis ikan yang berasal dari varietas Flavipinnis tersebut. Lalu pada tahun 1980 Balai Penelitian Ikan Air Tawar Bogor mengirimkan 60 ekor ikan mas berusia enam bulan ke Jepang.

Sekitar sepuluh tahun melewati tahap penelitian, pada tahun 1991 pihak Jepang kemudian mengirim kembali lima jenis ikan koi berbeda warna ke Indonesia. Kelima varietas ikan koi ini mempunyai jumbai pada bagian ekor dan sirip perutnya berukuran panjang. Bentuk inilah yang membedakan ikan koi Indonesia dan ikan koi Jepang. Ikan hasil dari perkawinan silang itu, kini sering di sebut dengan ikan koi kumpay atau ikan koi slayer.

 

Untuk membeli ikan koi, Anda harus menemukan toko yang menjual ikan koi berkualitas. Sangat penting untuk memastikan bahwa ikan yang Anda beli telah dipelihara dengan baik dan memiliki jenis yang benar. Jika Anda mencari toko yang menjual ikan koi berkualitas, Azoeyakoi adalah tempat yang tepat. Azoeyakoi menjual ikan koi berkualitas dan bervariasi, dengan pilihan yang luas dan harga yang masuk akal.

READ  Pekerjaan Desain Interior Membutuhkan Pendidikan yang Tepat

Azoeyakoi juga menawarkan layanan budidaya dan jual ikan koi yang berkualitas tinggi. Mereka menawarkan berbagai jenis ikan koi, termasuk ikan koi yang diklasifikasikan sebagai ikan showa, utsuri, hikari, dan lain-lain. Selain itu, Azoeyakoi juga memberikan layanan budidaya ikan koi dengan konsultasi untuk memilih ikan yang tepat untuk budidaya.

Untuk membeli ikan koi berkualitas, hubungi Azoeyakoi di www.azoeyakoi.com. Di Azoeyakoi, Anda akan menemukan berbagai macam ikan koi berkualitas dengan harga yang masuk akal. Dengan pelayanan yang ramah dan profesional, Anda dapat yakin bahwa Anda akan mendapatkan ikan koi berkualitas dan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Please rate this