Gunung Api Purba Nglanggeran No ratings yet.

By | December 19, 2018

Gugusan bukit batu raksasa adalah panorama penting yang didapati waktu menjejak di basecamp Gunung Nglanggeran. Beberapa puluh juta tahun waktu lalu, gugusan itu adalah puncak gunung berapi yang aktif. Seiring waktu berjalan, gunung itu jadi tidak aktif serta menjadi bukit-bukit batu dengan bermacam-macam yang unik. Tempat itu pada akhirnya diketahui dengan nama Gunung Api Purba Nglanggeran. Untuk sampai puncak, wisatawan cukuplah treking seputar 1,5 sampai 2 jam.

Bahkan juga bila tidak mampu sampai puncak, wisatawan dapat berhenti di sejumlah pos dengan panorama yang tidak kalah menarik dari panorama di puncak. Di pos-pos itu telah berdiri gazebo yang dapat jadikan tempat beristirahat. Walau sekarang berkembang jadi gunung wisata, Nglanggeran masih mempunyai jalan pendakian yang cukuplah melawan dari mulai jalan conblock, jalan setapak, sampai lorong sempit yang cuma dapat dilalui satu orang. Lorong panjang ini diapit oleh dua bukit batu raksasa. Di akhir minggu tempat ini umumnya penuh dengan wisatawan, baik mereka yang camping di puncak gunung, ataupun mereka yang sebatas ingin refreshing dengan lakukan treking.

Baca Juga : Taman pelangi Yogyakarta

Gunung Nglanggeran mempunyai beberapa puncak yang dipisahkan jadi dua sisi, yaitu jejeran puncak di samping barat dan puncak timur. Wisatawan yang mendaki Nglanggeran rata-rata pilih untuk camping di puncak sisi barat sebab aksesnya lebih gampang. Sedang puncak timur termasuk juga jarang didatangi wisatawan. Walau sebenarnya, bila ingin melihat sunrise yang prima jadi puncak timur ialah tempatnya. Tidak hanya jadi spot bagus melihat sunrise, nyatanya puncak timur ikut mempunyai legenda menarik. Di Puncak Timur ada Dusun Tlogo Mardidho yang disebut rumah buat 7 kepala keluarga. Hal itu telah berjalan semenjak turun-temurun. Bila ada keturunan mereka yang menikah, jadi keluarga baru itu mesti tinggalkan Dusun Tlogo Mardhido.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *