Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan SEO? No ratings yet.

By | January 28, 2021

Search Engine Optimization (SEO) sudah ada sejak pertengahan 90-an. Dalam lima tahun terakhir popularitasnya meningkat. Mengapa? Ini menempatkan situs web pada posisi untuk dilihat oleh lebih banyak orang, sehingga berpotensi mengarah pada lebih banyak kesuksesan (yaitu penjualan online, eksposur, dll).

Kami dapat menyimpulkan artikel ini sekarang dan akan sangat jelas bahwa SEO itu penting dan harus diterapkan oleh siapa saja dan semua orang. Jangan terlalu terburu-buru. Mari kita lihat sedikit lebih dalam tentang SEO.

SEO Didefinisikan

SEO adalah proses mengoptimalkan situs web untuk meningkatkan peringkat halaman secara keseluruhan dengan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo !, MSN, dan sebagainya. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas trafik ke suatu website berdasarkan kata kunci (istilah pencarian). Mari gunakan perusahaan lansekap sebagai contoh. Kami akan menelepon perusahaan ABC Landscaping.

ABC Landscaping terletak di Houston, TX. Ini hanya tebakan tetapi saya akan membayangkan bahwa ada 1000 layanan lansekap di Houston, TX. Faktanya, Google mendapatkan 261.000 hasil saat saya mencari “layanan lansekap Houston TX”.

Dalam hal ini, tujuan SEO adalah untuk meningkatkan penempatan ABC Landscaping saat pengguna mencari kata kunci tertentu, seperti “layanan lansekap Houston TX”. Situasi yang sempurna adalah jika ABC Landscaping menjadi hasil pertama, atau paling tidak, berada di halaman pertama hasil. Apakah ini mungkin? Tergantung. Mari kita lihat lebih dalam tentang SEO.

Metode SEO

SEO dilakukan dengan beberapa metode.

Menghubungkan silang antar halaman di situs yang sama
Tautan masuk dari situs web eksternal
Menambahkan kata kunci yang relevan ke tag meta situs web
Konten, konten, konten …
Sekarang jangan bingung antara SEO dan SEM (Search Engine Marketing). SEO menggunakan praktik yang tidak berbayar, atau organik. SEM menggunakan praktik berbayar seperti Google AdWords. Kami akan membahas SEM di artikel lain tetapi mari kembali ke SEO untuk saat ini.

Saya yakin Anda memperhatikan penekanan pada konten dalam Metode SEO yang disebutkan di atas. Konten adalah area terpenting mutlak saat berurusan dengan SEO. Mesin pencari mencari konten yang relevan dan segar. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbarui situs web Anda dengan konten yang relevan dan sangat spesifik dengan kata kunci yang mungkin dimasukkan orang saat mereka mencari layanan Anda. Sangat bagus untuk mengoptimalkan situs web tetapi konten adalah raja dan pengembang web hanya dapat melakukan banyak hal. Di sinilah saya yakin ada banyak kebingungan.

Kebohongan SEO (mitos)

SANGAT penting untuk berhati-hati jika pengembang menjanjikan Anda peringkat lima teratas atau halaman pertama Google. Tidak ada jaminan dengan SEO. Mari kita berpura-pura lagi. Anda adalah ABC Landscaping, lagi.

Saya sebutkan sebelumnya bahwa Google mengambil 261.000 hasil ketika saya melakukan pencarian untuk “layanan lansekap Houston TX”. Nah, ABC Landscaping mungkin ada di halaman 33 atau bahkan halaman terakhir saat pencarian ini dilakukan. Bagaimana jika saya mencari “ABC Landscaping services Houston TX”? Mungkin saja ABC Landscaping akan berada di halaman pertama Google dalam kasus ini. Mengapa? Karena saya lebih spesifik dengan pencarian saya dengan menempatkan nama perusahaan dalam istilah pencarian. Apakah ini dapat diterima? Mungkin. Mungkin tidak.

Sangat penting bagi Anda untuk bertanya kepada pengembang bagaimana mereka akan mengoptimalkan situs web Anda dan kata kunci apa yang akan mereka optimalkan. Selalu tempatkan diri Anda di benak pelanggan potensial Anda. Bagaimana mereka menemukan Anda di web? Apa yang paling mungkin mereka telusuri? Dalam kebanyakan kasus, orang-orang menggunakan penelusuran mereka secara umum sehingga Anda perlu mengoptimalkan situs web Anda untuk menyertakan istilah umum dan khusus.

Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah bahwa kami, pengembang, tidak memiliki kendali atas Google atau mesin telusur lainnya. Anda mungkin menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mencoba mencapai peringkat tinggi dan benar-benar menyadari beberapa kesuksesan. Namun, Google mungkin memutuskan besok untuk mengubah algoritme peringkat mereka. Mereka telah dikenal melakukan ini. Dimana itu meninggalkanmu? Ini mungkin tidak mempengaruhi Anda sama sekali tetapi bisa.

Tidak ada jaminan. Jadi, mengapa Anda harus terlibat dalam SEO jika tidak ada jaminan? Karena semua orang melakukannya. Anda tidak suka jawaban itu? Oke, mari kita lihat apa kita bisa lebih baik.

Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan SEO?

Sebaiknya Anda terjun dalam SEO karena tidak ada salahnya, hanya manfaatnya. Nasihat terpenting yang dapat kami berikan adalah Anda harus menentukan seberapa banyak itu terlalu banyak. Saya mengacu pada uang di sini. Berapa banyak yang ingin Anda investasikan dalam SEO? Dalam jangka panjang, apakah itu sepadan?

Misalnya, jika Anda adalah perusahaan yang bersaing dengan Wal-Mart, maka Anda tidak memiliki kesempatan untuk peringkat halaman pertama. Anggap saja seperti itu. Sangat sulit untuk menjatuhkan anjing besar dari sarang mesin pencari mereka. Butuh banyak waktu dan uang untuk bermain sama dengan orang-orang ini.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *